Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • HYDRO FATIH | ORGANIC FLOWER GARDEN
blog-img-10

Posted by : Indah Melina

Pupuk Organik dari Lidah Buaya

Membuat Pupuk dari Lidah Buaya

Selain untuk dikonsumsi dengan segudang manfaat lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk tanaman organic kamu. Ini adalah kandungan yang ada di dalam lidah buaya yang memiliki manfaat untuk tanaman kamu.

Studi menunjukkan bahwa lidah buaya mengandung lebih dari 75 senyawa bermanfaat termasuk asam amino, antioksidan, karbohidrat kompleks, kalsium, magnesium, seng, vitamin A, C, E, vitamin B, dan banyak lagi.

Pupuk lidah buaya dapat mendorong perkecambahan biji dan perkembangan akar yang cepat, meningkatkan kekuatan sel, dan berkontribusi pada kesehatan, pertumbuhan, dan kekuatan tanaman yang unggul secara keseluruhan!

Lidah buaya juga mengandung enzim dan hormon tanaman yang membantu mengurangi stress di saat transplantasi, dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan, stres, dan penyakit

Kadar acemannan dan saponin yang tinggi yang ditemukan dalam lidah buaya memberikan sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Ini membantu melindungi tanaman dari patogen termasuk mikroba berbahaya, jamur, ragi, jamur.

Kadar asam salisilat yang tinggi secara alami ditemukan dalam lidah buaya memainkan peran besar dalam kekuatan penyembuhannya! Anda mungkin pernah mendengar tentang asam salisilat sebelumnya; itu biasanya ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk melawan noda. Dengan cara yang sama, asam salisilat meningkatkan versi sistem kekebalan tanaman (dikenal sebagai respon imun sistemik atau SAR) yang akan membantu mereka menangkis penyakit.

Bahan yang digunakan untuk membuat pupuk dari lidah buaya:

  1. Lidah buaya 1kg (banyaknya disesuaikan dengan kebutuhan).
  2. Gula merah yang sudah diiris 1 kg.
  3. Toples dari kaca.
  4. Tisu tebal atau kain yang breatable dan karet untuk mengikat.
  5. Spidol untuk menulis jenis bahan pupuk dan tanggal membuat.

Cara membuat:

  1. Panen lidah buaya di pagi hari atau sore hari supaya kadar air di dalam lidah buaya berada di kondisi maksimal. Lalu iris2 lidah buaya
  2. Serut gula merah.
  3. Campur lidah buaya dan gula merah sampai merata.
  4. Masukkan campuran lidah buaya dengan gula merah ke dalam toples, jangan lupa lap bagian luar toples bisa dengan jenis cuka apa saja untuk menghindari semut.
  5. Tutup toples dengan tisu tebal atau kain lalu ikat dengan karet
  6. Simpan di tempat gelap selama 7 hari.
  7. Setelah 7 hari saring larutan pupuk untuk memisahkan cairan dan hampas lidah buaya, jangan lupa hampasnya jangan dibuang bisa kita pakai untuk pembuatan “Eco Enzym”.
  8. Larutan hasil fermentasi ini bisa di aplikasikan dengan perbandingan 5ml larutan fermentasi dengan 1 liter air.