Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • HYDRO FATIH | ORGANIC FLOWER GARDEN
blog-img-10

Posted by : Indah Melina

Marigold

Mexican marigoldmarigold afrika (Tagetes erecta) termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Bunganya berkelompok atau perbungaan soliter dengan warna beragam (kuning hingga merah).[1] Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan menyebar ke Amerika dan Karibia hingga didistribusikan ke negara-negara lain, juga dapat ditemukan di Indonesia.

 

Beberapa penelitian menunjukkan efektivitas dalam pencegahan penyakit arteri koroner, usia tua dan kanker. Di Meksiko, tumbuhan ini digunakan dalam penyembuhan penyakit pencernaan, seperti sakit perut, diare, kolik, masalah hati, empedu. Minyak esensial dari bunga ini mengandung antioksidan.

 

Marigold adalah salah satu jenis bunga yang termasuk annual plant, setelah masa berbunga maka dia akan mati. Beberapa varietas marigold bisa menghasilkan benih, tetapi ada beberapa varietas yang sama sekali tidak bisa menghasilkan benih.

 

Marigold sangat cocok untuk ditanam oleh pemula, Marigold sangat mudah tumbuh meskipun di tanah yang kurang bernutrisi. Marigold membutuhkan cahaya matahari yang sangat banyak. Jika marigold kekurangan sinar matahari maka dia akan berbunga sangat sedikit.

Marigold sangat adaptif di dataran rendah, sehingga cocok di tanam di daerah panas. Marigold memiliki banyak varietas dari yang jenis pendek sampai yang cukup tinggi, dari kelopak bunga kecil sampai kelopak yang bertumpuk. Selama kualitas benih baik maka marigold akan mudah tumbuh. Media yang biasa saya pakai untuk semai marigold adalah campuran peatmoss khusus semai: sekam bakar: cocopit dengan perbandingan 1:1:1. Bebarapa merk benih yang biasa saya pakai adalah Cap Panah Merah, Premier Seed, Fothergil.

Masukkan media tanam ke dalam tray semai lalu basahi dengan air, buat lubang sekitar 1cm lalu masukan benih marigold, tutup lubang dengan media semai. Simpan di tempat teduh, biasanya setelah 3 hari benih marigold sudah mulai sprout. Setelah melihat ada pertumbuhan segera taruh tray semai di lokasi yang terkena sinar matahari dan terlindungi dari hujan untuk mengurangi kerusakan karena air hujan. Jaga kelembabannya, setelah usia sekitar 3 pekan, semaian marigold sudah bisa di tanam di kebun atau juga bisa dipindah ke pot yang lebih besar.

Marigold adalah salah satu jenis bunga yang membutuhkan pruning atau dilakukan pemangkasan di pucuk bagian atas tanaman, apabila tinggi tanaman sudah mencapai tinggi sekitar 20cm. Gunanya adalah untuk percabangan lebih banyak, tangkai bunga yang lebih panjang dan cabang bunga yang lebih banyak.

 

Manfaat kesehatan dari Marigold

  1. Perlindungan Kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Nutrition, antioksidan dalam marigold membantu melawan dan mencegah kanker. Peneliti meneliti efek lutein, antioksidan yang diekstrak dari marigold, pada tumor kanker payudara. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa lutein tidak hanya mengurangi jumlah tumor di payudara, tetapi juga mencegah berkembangnya sel kanker baru. Para peneliti menemukan bahwa bahkan dalam jumlah makanan kecil, lutein dari marigold memiliki efek positif. Marigold juga telah terbukti efektif melawan sel kanker leukemia, usus besar dan melanoma.

2. Penyembuhan Luka

Marigold digunakan secara tradisional di bidang penyembuhan luka. Digosokkan pada luka bakar, goresan dan kulit yang teriritasi, marigold memberikan kelegaan. Ketika diuji pada tikus, para peneliti di Brasil menemukan bahwa salah satu mekanisme penyembuhan luka berasal dari marigold yang memiliki kemampuan untuk mendorong pertumbuhan jaringan kulit baru, serta pembuluh darah baru. Para peneliti juga menyatakan bahwa marigold bertindak sebagai anti-inflamasi karena adanya senyawa lain, termasuk triterpen dan steroid.

  1. Mengobati Bisul

Minum ekstrak marigold dengan air minum diketahui cukup efektif dalam mengobati sakit maag. Ekstrak marigold cenderung mendorong sistem limfatik sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan membersihkan racun yang mungkin berkontribusi pada bisul.

  1. Mencegah Penyakit

Bunga marigold memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang merupakan antioksidan kuat. Bunga marigold dengan demikian dapat membantu dalam menunda atau mencegah penyakit kardiovaskular, kanker dan stroke.

  1. Radang Sendi

Bunga marigold memiliki sifat anti-inflamasi; mereka dapat memberikan bantuan dari nyeri sendi dan arthritis. Kita bisa  menggunakan ekstrak atau minyak marigold untuk mengobati radang sendi.

  1. Infeksi Vagina

Kelopak bunga marigold dapat digunakan untuk menyiapkan mandi curing dengan merebusnya selama beberapa waktu sebelum menambahkannya ke air hangat untuk mandi. Menambahkannya ke bak mandi dapat menyembuhkan infeksi vagina, infeksi kandung kemih, dan wasir.

  1. Merawat kulit berminyak

Bunga marigold efektif dalam merawat kulit berminyak. Rendam bunga segar dalam air hangat dan kemudian oleskan ke kulit setidaknya sekali sehari. Biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air.

  1. Eksim dan Alergi

Marigold digunakan oleh orang-orang untuk mengobati eksim, memar dan reaksi alergi. Orang yang memiliki kulit berminyak juga menggunakan bunga ini untuk menghilangkan kulit berminyak mereka. Untuk ini, mereka mengoleskan bunga segar yang basah dan mencuci muka dengan air. Bunga marigold juga dapat menyelamatkan mata dan terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak dan lain-lain.

  1. Mengobati Penyakit Pencernaan

Bunga marigold dapat mengurangi asam dalam sistem pencernaan dan dapat membantu mencerna makanan. Orang juga menggunakan bunga Marigold untuk mengobati kutil dan kudis.

  1. Menurunkan kerusakan akibat radikal bebas

Bunga marigold terdiri dari sejumlah bahan kimia aktif yang telah ditemukan untuk mengurangi jumlah sel yang dirusak oleh radikal bebas. Pada saat yang sama, itu juga membantu dalam memerangi pertumbuhan bakteri di tempat-tempat di mana kulit terluka.

  1. Pengobatan penyakit mata

Marigold memainkan peran penting dalam pengobatan banyak penyakit mata. Ini membantu mengurangi peradangan mata, pengobatan konjungtivitis dan sejumlah kondisi peradangan mata kronis lainnya. Ini mempercepat pengobatan infeksi di mata.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ekstrak dari marigold sangat membantu dalam mengatasi gejala flu biasa; flu batuk demam atau sakit tenggorokan. Ini sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ke tingkat yang signifikan.

  1. Ambeien/Wasir

Saat ini, banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk baik di tempat kerja maupun di rumah, yang mengarah pada berkembangnya berbagai penyakit seperti wasir/wasir. Dalam kasus seperti itu, Anda tidak perlu mencari perawatan mahal untuk mengobati wasir. Anda dapat menggunakan Marigold sebagai bagian dari pengobatan wasir alami Anda. Untuk ini, giling kelopak kuning menjadi bentuk pasta dan oleskan pasta di atas tempat yang terkena. Ini akan mengecilkan pembuluh darah bengkak yang mereda rasa sakit dan bengkak. Selain itu, pendarahan juga akan berhenti, regenerasi pembuluh darah untuk mengembalikan integritas normal.

  1. Infeksi telinga

Marigold memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami yang efektif dalam mengobati infeksi mikroba pada telinga. Jika ada nanah di telinga, pertama-tama bersihkan semua nanah dari tempat yang terkena dan kemudian beri 2-3 tetes minyak Marigold di atasnya. Pembentukan nanah akan teratasi dalam beberapa hari.

  1. Menurunkan Peradangan dan Kerusakan Radikal Bebas

Ekstrak yang telah diambil dari bunga menunjukkan khasiat untuk menurunkan protein C-reaktif dan kadar sitokin dalam tubuh dan menjaga sel agar tidak rusak oleh radikal bebas. Ini adalah salah satu penyebab paling mendasar dari kerusakan dan penuaan sel. Bunga Marigold tidak hanya mengontrol kerusakan oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas dalam tubuh yang dapat mempengaruhi jaringan rapuh kulit di bawah mata dan bagian sensitif lainnya tetapi juga melindungi terhadap infeksi pada kulit, saluran pencernaan, dan alat kelamin yang disebabkan oleh virus. atau bakteri.