Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • HYDRO FATIH | ORGANIC FLOWER GARDEN
blog-img-10

Posted by : Indah Melina

Jenis-jenis Cosmos dan Cara Tanam Cosmos

Cosmos adalah salah satu bunga yang sangat menarik para pollinator dengan petal yang terbuka sehingga lebah dan kupu-kupu mudah untuk mengambil nectar bunganya. Dengan beragam warna dan bentuk, cosmos juga adalah salah satu jenis bunga potong yang banyak diminati oleh para florist. 

Kita akan membagi jenis-jenis cosmos menjadi tiga bagian besar, yaitu cosmos sulphureus, cosmos caudatus dan cosmos bipinatus. Pembagian kedua jenis ini sangat penting karena membedakan antara cosmos yang termasuk edible flower dan tidak edible.

  1. Cosmos Sulphureus

Cosmos Sulphureus adalah jenis cosmos yang bisa dimakan, baik kelopak bunganya maupun daun mudanya, bisa dimasak sebagai tambahan pecel atau lalapan, bisa juga dimakan mentah sebagai tambahan salad atau lalapan mentah. Di Indonesia jenis cosmos sulphureus ini lebih dikenal dengan nama “Kenikir”. Warna bunga dari cosmos sulphureus adalah kuning dan orange dan warna gradasi diantara keduanya.    

  1. Cosmos Caudatus.

Sama halnya dengan cosmos sulphureus, cosmos caudatus edible juga, baik bunga maupun daun mudanya, memiliki rasa sedikit berbeda dengan cosmos sulphureus. Memiliki bunga berwarna pink, dengan kelopak sedikit lebih kecil dari cosmos sulphureus.

3. Cosmos Bipinnatus

Dari ketiga jenis cosmos yang saya sebutkan, jenis cosmos bipinatus adalah salah satu cosmos yang tidak dapat dimakan, tetapi jangan khawatir, jenis cosmos ini tidak beracun, jadi masih aman untuk ditanam di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan. Cosmos bipinatus lebih ke ornamental, biasa dipakai untuk rangkaian bunga.

Jenis-jenis cosmos bipinatus ini sangat beragam dan memiliki corak yang sangat cantik, sehingga sangat disukai oleh para flower designer, untuk dimasukkan ke dalam rangkaian bunga yang cantik.

Diantara jenis yang termasuk cosmos bipinatus adalah:

  1. Cosmos Sensation
  2. Cosmos Picota Rose
  3. Cosmos Purity
  4. Cosmos Gazebo Red
  5. Cosmos Day Dream
  6. Cosmos Candy Strip
  7. Cosmos CupCake
  8. Cosmos Sea Shell
  9. Cosmos Fizy Pink
  10. Cosmos Double Click dan lain-lain

Selain untuk bunga potong, edible flower, cosmos memiliki manfaat yang lain, cosmos adalah salah satu bunga yang termasuk companion flower atau refugia. Cosmos baik di tanam bersama tomat, karena cosmos menarik pollinator termasuk lebah, selain tomat cosmos juga bagus ditanam bersama labu.

Perawatan Cosmos – Tips Menumbuhkan Cosmos

Untuk cosmos jenis sulphureus dan caudatus sudah banyak ditanam di Indonesia, sehingga jenis ini relatif mudah untuk ditanam. Sedangkan untuk jenis bipinatus ada sedikit trik untuk bisa menanam cosmos supaya tumbuh baik dan berbunga.

Cosmos baik ditanam di area yang terkena sinar matahari sepanjang hari, apabila terhalang dari sinar matahari maka pertumbuhan cosmos akan tinggi melebihi tinggi standar bunga dan memiliki batang yang lemah dan bunga yang dihasilkan akan jauh lebih sedikit.

Cosmos memiliki jenis yang kerdil dan jenis tinggi, cosmos dengan jenis kerdil bisa kita tanam di dalam pot tetapi untuk jenis yang tinggi sebaiknya ditanam di lahan terbuka. Karena sifat tanaman cosmos ini memiliki batang yang tidak sekokoh seperti mawar, sehingga kita membutuhkan penyangga supaya tanaman tidak roboh terutama di daerah yang sering kali ada angin kencang.

Untuk pertumbuhan batang dan cabang yang kuat, perlu dilakukan pruning atau pangkas bagian pucuk tanaman di saat tinggi mereka sekitar 20cm. Pemangkasan pucuk tanaman ini sangat diperlukan untuk memperkuat batang dan memperbanyak cabang-cabang, serta akan berbunga lebih banyak.

Cara Semai Cosmos.

Cosmos bipinatus adalah jenis cosmos yang benihnya masih di import dari negara-negara subtropis sehingga membutuhkan adaptasi di masa semai mereka. Cosmos jenis ini menghendaki suhu di masa germinasi  mereka sekitar 18°C - 22°C. Apabila suhu di daerah kita rata-rata di atas 22°C maka kita membutuhkan box khusus semai yang bisa kita atur suhunya. Untuk menyemai cosmos saya biasa menggunakan 2 media semai, rockwool dan media semai campuran peatmoss:sekam bakar:cocopit.

PERLENGKAPAN

  1. Rock wool atau campuran media peatmoss (P):sekam bakar (SB):cocopit (C) dengan perbandingan 1:1:1
  2. Nampan plastik untuk semai dengan rockwool dan tray semai untuk media semai P:SB:C
  3. Benih kualitas baik.
  4. Air bersih
  5. Box pendingin.
  6. Stik es krim untuk memberi nama dan tanggal se mai

Langkah-langkah semai cosmos

  1. Basahi rockwool dengan air bersih sampai semua bagian rockwool basah, hindari air sampai menggenang. Jika menggunakan media (P:SB:C) masukkan media semai ke dalam tray semai, untuk jenis cosmos bisa menggunakan tray semai lubang 72 atau lubang 105. Siram media dengan spray.
  2. Lubangi bagian tengah rockwool maupun media di tray semai.
  3. Masukan benih cosmos ke dalam lubang yang sudah kita buat, masukan 1 benih per lubang.
  4. Masukan tray semai ke dalam box low temperature, tambahkan es batu dan tidak perlu terlalu banyak es batunya, ganti setiap hari jika es batunya sudah mencair.
  5. Setelah hari ke 3 biasanya cosmos sudah sprout (yaitu kondisi dimana calon akar berwarna putih sudah terlihat). Jika kualitas benih baik, cosmos biasanya serentak sprout nya. Segera jemur tray semainya di bawah sinar matahari pagi sampai kira-kira jam 12 siang.
  6. Lindungi semaian dari hujan, karena akan menghanyutkan benihnya yang belum kuat mencengkram media tanam. Jaga kelembabannya.
  7. Siram baby cosmos dengan nutrisi daun dengan PPM rendah.
  8. Di usia sekitar 3 pekan biasanya bayi cosmos sudah siap pindah tanam, untuk pot pembesaran, saya biasa pakai pot 10cm. Dengan media kompos plus sekam bakar. Siram masih memakai nutrisi daun PPM rendah.
  9. Di usia sekitar 6 pekan tanaman cosmos sudah siap di pindah ke kebun.
  10. biasanya sudah berbunga di usia sekitar 10-12 pekan.